Kamis, 08 Juli 2010

Harga Sembako Terus Melonjak

 

Jakarta: Berbelanja kebutuhan pokok di pasar di Jakarta dalam beberapa hari terakhir ini terasa makin merogoh kocek, Kamis (8/7). Harga kebutuhan pokok terus melonjak naik. Kenaikan yang diduga akibat ulah spekulan dan faktor cuaca ini sudah tentu makin memberatkan warga yang berpenghasilan tetap.

Harga cabai misalnya, yang disaat normal sekitar Rp 10 ribu rupiah per kilogram, saat ini hanya bisa ditebus dengan uang Rp 48 ribu. Bawang putih yang sebelumnya Rp 16 ribu menjadi Rp 24 ribu per kilogram. Sedangkan tomat naik dari tiga ribu rupiah menjadi tujuh ribu rupiah.

Kenaikan harga yang sudah kian melonjak-lonjak tak karuan ini bukan hanya terjadi di Jakarta. Di Madura, Jawa Timur, lonjakan harga yang diluar batas kewajaran dikeluhkan pembeli maupun penjual. Pembeli makin terkuras uangnya, sedangkan penjual mengaku barang dagangnya banyak yang tidak laku.

Sedangkan di Bandung, Jawa Barat sebagai salah satu daerah penghasil sayuran, kenaikan harga juga tidak terhindarkan. Bukan hanya sayur-mayur, kebutuan lain seperti daging makin sulit terjangkau. Warga pun kini makin terbebani setelah sebelumnya tarif dasar listrik juga naik.(A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar