Jumat, 12 November 2010

SPR Minta Buyung Mundur

12 Nocember 2010

SPR Minta Buyung Mundur

Jakarta (ANTARA)- Serikat Pengacara Rakyat (SPR) meminta Adnan Buyung Nasution selaku pengacara Gayus Tambunan mengundurkan diri, karena kasus pelesiran Gayus ke Bali benar-benar telah mencoreng dunia penegakan hukum di Indonesia.

Juru bicara SPR Habiburokhman dalam keterangan persnya di Jakarta, Jumat mengatakan, seseorang yang diduga terlibat mafia hukum dan mafia pajak ternyata bisa kembali melakukan aktifitas "kemafiaan" pada saat ia menjalani proses hukum.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa selama ini memang ada fasilitas-fasilitas khusus bagi tahanan atau narapidana berduit di lembaga pemasyarakatan seperti yang dinikmati Gayus tersebut, kata Habiburokhman .

Menurut dia, yang patut disesalkan adalah keberadaan advokat senior Adnan Buyung Nasution sebagai penasehat hukum Gayus ternyata sama sekali tidak mengubah perilaku Gayus Tambunan.

Awal penanganan kasus Gayus beberapa bulan lalu, Adnan Buyung mengatakan, bahwa ia akan menjadi pengacara Gayus demi membongkar kasua mafia hukum yang melibatkan Gayus.

Bahkan Adnan selain memberikan pembelaan hukum juga meyakinkan Gayus untuk meninggalkan praktik- praktik mafia hukum termasuk "membeli fasilitas-fasilitas khusus "di dalam penjara, tuturnya.

Ia mengatakan, Adnan Buyung bisa membuat perjanjian penanganan perkara dengan Gayus yang didalamnya ada kesepakatan khusus untuk tidak melakukan tindakan-tindakan yang bertentangan dengan hukum selama penanganan perkara.

Secara etika, sangat tidak pantas seorang advokat membela kepentingan hukum kliennya, tetapi pada saat yang sama ia membiarkan kliennya tetap melakukan praktik yang melanggar hukum.

Patut diduga bahwa fasilitas "pelesir" yang dinikmati Gayus bukanlah satu-satunya fasilitas khusus yang dinikmati Gayus selama mendekam di dalam penjara.

Apabila Adnan Buyung tidak mundur dari posisinya sebagai pengacara maka hal itu adalah contoh buruk bagi advokat Indonesia, ujarnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ShoutMix :


ShoutMix chat widget
 Bidakara Bagus

Arsip Blog

Highlight