Sabtu, 25 Desember 2010

Letusan Krakatau Terdengar Warga Pesisir Anyer

 Sabtu, 25 Desember 2010

 

Letusan Krakatau Terdengar Warga Pesisir Anyer

Anyer (ANTARA) - Letusan Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda yang berjarak lebih dari 42 kilo meter dari pesisir Pantai Anyer, Kabupaten Serang, Banten, mengejutkan warga sekitar.

"Letusannya terdengar sejak pukul 22:00 WIB, Jumat malam, dan sampai Sabtu dini hari, suara letusannya masih terdengar," kata salah seorang warga Anyer, Kabupaten Serang, Eva Marbun, Sabtu dini hari.

Dia menjelaskan, jika dihitung letusan keras Gunung Anak Krakatau, sudah lima kali. "Letusannya bagi warga Anyer, sudah hal biasa, tetapi sebagian warga masih ada yang ketakutan," ujarnya.

Senada dikatakan Mirwan Affandi. Pemuda yang baru lulus dari sekolah menengah atas ini mengakui, suara letusan Gunung Anak Krakatau, terdengar jelas jika malam hari.

"Letusannya jelas, dan tak jarang letusan di ikuti oleh dentuman yang menggetarkan kaca rumah warga," katanya menjelaskan.

Bagi dirinya, suara letusan yang keluar dari gunung yang pernah meletus dan mengakibatkan tsunami pada tahun 1800-an merupakan keindahan dan anugerah.

"Semuanya kembali saya serahkan kepada Allah SWT, dan suara letusan GAK tidak membuat saya dan keluarga dirumah merasa takut, karena ini merupakan fenomena alam, yang harus diambil hikmahnya," katanya.

Sementara itu warga Cinangka, Eva Gorda menjelaskan, selain kerap suara letusan terdengar, debu Gunung Anak Krakatau, hampir setiap hari mengotori teras rumahnya. "Setiap hari debunya menempel di teras dan atap rumah," katanya.

Data dari Pos Pemantau GAK di Desa Pasauran, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang,, sepanjang aktivitas kegempaan meningkat dari level I ke II atau waspada sejak tanggal 28 Oktober 2010, suara letusan kerap terdengar yang disertai dentuman.

"Letusan, dentuman dan getaran yang ditimbulkan GAK terdengar dan dirasakan sampai pos pemantau, bahkan ketinggian asap gunung tersebut pernah mencapai 1.700 meter," kata Kepala Pos Pemantau GAK, Anton S Pambudi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ShoutMix :


ShoutMix chat widget
 Bidakara Bagus

Arsip Blog

Highlight